fbpx
17.6 C
Hong Kong
8 Maret 2021

Bantuan Kemanusiaan Melonjak Tajam, DDHK Himpun Donasi HK$177,359 pada Januari 2021

- Advertisement -

DDHK.ORG — Seperti biasa, Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Kamis (11/2/2021), mempublikasikan laporan kegiatan dakwah dan sosial kemanusiaan rutin untuk bulan Januari 2021. Termasuk, laporan penerimaan donasi dari masyarakat dan penyalurannya dalam bentuk program bantuan dan santunan, serta pelaksanaan berbagai kegiatan.

Berdasarkan laporan tersebut, terlihat adanya lonjakan penerimaan untuk donasi kemanusiaan. Yaitu, mencapai HK$77,416. Angka ini bahkan lebih besar dari donasi kemanusiaan yang dihimpun DDHK sepanjang tahun 2020, yakni sekitar HK$43,453 atau sebesar 2,87 persen dari total penghimpunan donasi tahun 2020.

DDHK juga melaporkan, pada bulan pertama 2021 ini menerima pembayaran zakat sebesar HK$9,311. Selain, menerima titipan dana wakaf dari masyarakat sebesar HK$10,100 dan dana infak sebesar HK$80,532.

Total, sepanjang Januari 2021 DDHK menghimpun dana donasi sebesar HK$177,359. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mempercayakan donasinya ke DDHK. Alhamdulilah, kepedulian masyarakat Indonesia di Hong Kong dan Macau sangat besar. Januari ini dana yang dititipkan ke kami meningkat dari bulan sebelumnya. Sebagian besar juga merupakan dana bencana, yang insyaallah akan kita salurkan di bulan Februari,” kata General Manager DDHK, M. Imam Baihaqi.

Laporan Kegiatan

Di bidang media dan pemberitaan, DDHK mempublikasikan berita dan informasi seputar aktivitas keislaman, wabah Covid-19, aktivitas lembaga, serta informasi terkini dari Indonesia, Hong Kong, dan Macau. Sebanyak 54 berita dan artikel dipublikasikan melalui website ddhk.org. Sedangkan di media sosial, DDHK melakukan 212 postingan di Facebook page Dompet Dhuafa Hong Kong, 65 postingan di Instagram, dan 19 video di Youtube channel DDHK News.

Sepanjang Januari 2021 DDHK memberikan layanan shelter kepada dua pekerja migran Indonesia yang membutuhkan tempat tinggal sementara. Di bidang sosial, DDHK juga menyalurkan bantuan dan santunan ke tujuh wilayah di Indonesia. Yakni, ke Lombok Timur, Ponorogo, Magetan, Mamuju, Blitar, Magelang, dan Jakarta Selatan.

Lewat program dakwah, DDHK memberikan 20 konsultasi online, 22 kali tausiyah agama, dan 19 kali penyelenggaraan kelas belajar Al-Qur’an. “Kegiatan-kegiatan ini diikuti oleh 709 orang, baik laki-laki, perempuan, maupun anak-anak,” kata Imam Baihaqi.

Untuk program Migrant Class, DDHK menyelenggarakan 10 pertemuan kelas Bahasa Inggris, 4 pertemuan kelas belajar Paket, dan 4 kali kajian online.

Distribusi Dana Donasi

Sebanyak HK$98,941 dari dana donasi yang dihimpun, digunakan oleh DDHK untuk pembiayaan berbagai program dan penyaluran bantuan. Yakni, untuk biaya operasional lembaga, biaya penghimpunan dana, pembiayaan kegiatan dakwah, bantuan sosial, dan bantuan kemanusiaan.

Prosentase penggunaan dana terbesar dikeluarkan untuk bantuan kemanusiaan, sebesar 35,90 persen. Untuk bantuan sosial, mencapai 22,67 persen. “Kami masih terus membuka kesempatan untuk menerima dan menyalurkan donasi kebencanaan. Tim Dompet Dhuafa juga masih terus memberikan layanan di beberapa lokasi bencana di Indonesia,” ujar Imam Baihaqi.

“Kami menyediakan berbagai layanan kemudahan donasi bagi Sahabat, seperti aplikasi TNG, 7-Eleven, transfer rupiah, transfer dolar Hong Kong. Donasi juga dapat diberikan dengan datang langsung ke kantor DDHK,” ujarnya. [DDHK News]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Interaksi dengan Al-Quran

Interaksi dengan Al-Quran

Oleh Ustadz Imam Al Faruq Disampaikan saat Kajian Madrasah Perantau Online (MPO) DDHK, Ahad, 28 Februari 2021. Mengapa kita harus menjadi ahlul-Quran? اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم...
Hikmah Kisah Para Sahabat Nabi

Hikmah Kisah Para Sahabat Nabi

Oleh Ustadz Hardy Agusman Disampaikan saat Kajian Madrasah Perantau Online (MPO) DDHK, Sabtu, 6 Maret 2021. Siapa itu sahabat? Secara terminologi, kata "Sahabat" merupakan bentuk jama' atau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,474FansSuka
552PengikutMengikuti
272PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×