ArtikelKonsultasi

Apakah Bersihkan Telinga Pakai Cotton Buds Batalkan Puasa?

Apakah Bersihkan Telinga Pakai Cotton Buds Batalkan Puasa?

Assalamu’alaikum. Ustadz, saya mau bertanya.

Apakah ketika kita berpuasa membersihkan telinga menggunakan cotton buds bisa membatalkan puasa? Sebab, setelah berwudhu kadang telinga kemasukan air dan saya merasa sangat terganggu.

Syukron, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Pada dasarnya hal-hal yang membatalkan puasa adalah apa yang termaktub secara sharih (jelas) dalam al-Qur’an dan al-Hadist, yaitu makan, minum, haid, nifas, dan hubungan seksual. Selain hal-hal tersebut terdapat beberapa hal yang masih diperselisihkan ulama.

Pengertian makan dan minum ternyata sebagian ulama ada yang memperluas maknanya. Tidak sebatas memasukkan makanan ke dalam mulut dan menelannya saja, tetapi masuknya suatu benda ke dalam ‘jauf’ atau rongga badan ternyata juga masuk dalam kategori makan, meski tidak lewat mulut dan tidak sampai ke lambung. Meski benda yang masuk itu bukan kategori makanan.

Di antaranya ada yang masuk lewat lubang-lubang yang asli seperti telinga, hidung, atau mata. Ada juga yang masuk lewat lubang anus dan kemaluan.

Meneteskan sesuatu ke dalam telinga atau membersihkan telinga dengan Cotton Buds dan sejenisnya, menurut pandangan ulama syafiiyah dapat membatalkan puasa jika sampai pada bagian dalam telinga (batin al-udzun). Sedang menurut pendapat yang lain tidak membatalkan puasa.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Salam!

[Dijawab oleh: Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim]

..

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHK News]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×