ArtikelKonsultasi

Apa Makna Peringatan Hari Santri Tahun Ini?

Apa Makna Peringatan Hari Santri Tahun Ini?

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Peringatan Hari Santri tahun 2021 memiliki semboyan “Santri Siaga Jiwa Raga”. Apa makna dari Hari Santri 2021? Lalu, apa makna semboyan itu?

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Indonesia pada hari Jumat, 22 Oktober 2021, memperingati Hari Santri Nasional dengan mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga”. Biasanya, peringatan sesuatu selalu mengambil tema tertentu. Seperti dirgahayu Indonesia ke-76 mengambil tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Lalu, apa sih arti tema dari “Santri Siaga Jiwa Raga” pada peringatan Hari Santri tahun ini?

Dikutip dari pidato Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, ketika memimpin Upacara Hari Santri Nasional di Kementerian Agama, Jumat, 22 Oktober 2021, tema tersebut merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia, agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. “Siaga jiwa, berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada aqidah, nilai, dan ajaran Islam lil alamin, serta tradisi luhur bangsa Indonesia,” ujar Yaqut dalam pidatonya.

“Siaga raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan hanya untuk Indonesia,” paparnya.

Semoga santri-santri Indonesia mampu bersiaga jiwa dan raga dengan tetap memegang teguh ajaran Islam serta menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia, amin…

Wallâhu a’lam bish-showâb.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×