fbpx
20.2 C
Hong Kong
1 Desember 2020

Ada Daging Ayam Halal di Ngau Tau Kok dan Choi Hung

- Advertisement -

MAKANAN HALAL

NGAU TAU KOK | HONG KONG – Hong Kong merupakan negara padat penduduk. Dengan luas wilayah 1.108 km², Hong Kong ditinggali sekitar 7 juta jiwa. Kebanyakan, etnis China yang mencapai 95 persen. Sisanya, 5 persen, etnis lain.

Dari demografi etnis dan budaya warganya, Hong Kong menghadirkan tantangan tersendiri bagi para pendatang, khususnya umat Islam yang notabene harus memperhatikan banyak aspek dalam kehidupan. Misalnya, hal yang berkaitan dengan ibadah dan kehidupan sosial.

Bagi kaum Muslim, sebagai penduduk minoritas di negara ini, ada tantangan tambahan: masalah ketersediaan makanan halal. Bagi warga lokal kebanyakan, tidak ada masalah untuk urusan satu ini. Namun bagi umat Islam, sebagai implementasi ketaatan kepada perintah Allah Ta’ala di manapun berada, kehalalan makanan adalah wajib terpenuhi.

Tidak mudah menemukan restoran berlabel Halal di Hong Kong. Selain langka, restoran Halal di Hong Kong biasanya memasang harga yang relatif lebih mahal dibandingkan harga di restoran-restoran umumnya di Hong Kong.

Di tulisan kali ini, saya berusaha memberikan alternatif agar Sahabat Muslim yang sedang berkunjung ke Hong Kong, atau memang tinggal dan bekerja di negara ini, tetap bisa menikmati makanan halal dengan cara yang tidak harus menguras kantong dalam-dalam. Yakni, dengan cara membeli bahan mentahnya dan mengolahnya sendiri di rumah.

Meskipun demikian, tidak mudah juga menemukan daging atau ayam berlabel Halal di Hong Kong. Tidak semua supermarket atau toko kelontong menjualnya. Alhamdulillah, di daerah Ngau Tau Kok dan Choi Hung, ada beberapa supermarket dan minimarket yang menyediakan “makanan emas” tersebut bagi Sahabat Muslim.

Supermarket pertama yang saya kunjungi adalah ParknShop, yang beralamat di Shop 2, Choi Ying Place, Choi Ying Est, Ngau Tau Kok. Untuk sampai ke sana, sangatlah mudah. Naik MTR dan turun di Exit B stasiun Kowloon Bay. Setelah keluar MTR, maka jalan terus mengikuti jembatan layang. Di ujung jembatan itulah letak Park n Shop yang dimaksud. Jarak dari MTR ke sana kurang lebih 7 menit jalan kaki.

Lokasi kedua, minimarket yang ada di area MTR Choi Hung. Di atas stasiun MTR Choi Hung ada pasar tradisional yang cukup besar. Di sana ada dua minimarket yang menyediakan ayam berlabel Halal. Karena nama minimarket yang saya maksud bertuliskan karakter China, maka saya tidak tahu apa nama minimarketnya. Namun Sahabat Muslim tidak perlu khawatir sebab saya akan “menuntun” Sahabat untuk sampai ke sana.

Pertama, kita keluar MTR Choi Hung terlebih dulu. Pilih exit B hingga berjumpa dengan pasar tradisional yang dimaksud. Setelah itu belok kiri, lebih tepatnya setelah keluar MTR maka putar balik ke kiri, lalu berjalan sekitar 15 meter. Setelah itu belok kanan (masuk pasar) dan berjalan lurus hingga berjumpa eskalator. Untuk kali ini, abaikan eskalatornya dan tetap berjalan lurus hingga keluar, ke area outdoor pasar Choi Hung. Setelah keluar lalu berjalan ke arah kanan beberapa meter dan belok ke kiri.

Di sana, Sahabat Muslim akan mendapati para penjual buah yang berjajar. Abaikan penjual buah-buahan tersebut dan teruslah berjalan lurus. Setelah kurang lebih 50 meter, akan ada semacam pertigaan di area pasar. Dua minimarket yang saya maksud, salah satunya ada di ujung jalur kiri dari pertigaan tersebut. Dan lainnya, ada di jalur yang lurus (terletak di area jalan utama). Beberapa meter dari pertigaan dan terletak di sebelah kiri jalan.

Sedangkan lokasi ketiga yang menyediakan ayam berlabel Halal adalah Kai Bo Food Supermarket. Lokasi Kai Bo yang saya maksud ini cara mencarinya susah-susah gampang. Sebab, harus naik transportasi 2 kali, yaitu MTR dan Siupa. Kaibo ini beralamat di Shop no. G01-G03, G/F, Choi Tak Shopping Centre, Choi Tak Estate, Ngau Tau Kok. Untuk sampai ke sana, naik MTR turun stasiun Choi Hung, lalu keluar MTR Exit A hingga menemukan lift di kanan jalan. Setelah naik lift pilih lantai 1. Di lantai itulah keberadaan siupa yang akan mengantarkan Sahabat Muslim ke Kai Bo. Pilih siupa nomor 83A atau 83M. Dan mintalah tolong kepada sang supir untuk menghentikan laju angkutan umum tersebut di Siong Jiong (area supermarket). Setelah turun Siupa, langsung bisa melihat Kai Bo yang dimaksud.

Mungkin itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan kepada Sahabat Muslim perihal mencari ayam Halal di daerah Ngau Tau Kok. Oh iya, untuk harga ayam halal di lokasi pertama dan kedua tergolong premium, karena barangnya impor dari Thailand dan Australia. Untuk satu kilo tenderloin dibandrol harga HK$60. Sedangkan untuk sayap ayam, paha ayam, dan steak ayam yang diimpor dari Australia harganya HK$50 per setengah kilogram.

Perbandingan harga ayam halal dan “ayam lokal” bisa mencapai 2,5:1. Artinya, ayam halal harganya 2,5 kali lipat lebih mahal.

Untuk ayam yang ada di Kai Bo harganya sedikit lebih miring karena impor dari Brazil. Satu ekor ayam utuh dengan berat 900 gram dibandrol seharga 18 dolaran. [Ida Royani]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Prosedur Jenguk Teman di Penjara Hong Kong

Ini Prosedur Jenguk Teman di Penjara Hong Kong

Ini Prosedur Jenguk Teman di Penjara Hong Kong DDHK.ORG – Setiap orang di Hong Kong bisa mengunjungi sahabat atau kerabat yang sedang menjalani masa tahanan...
Kumpul-Kumpul Diperketat, Tak Boleh Lebih dari 2 Orang

Kumpul-Kumpul Diperketat, Tak Boleh Lebih dari 2 Orang

Kumpul-Kumpul Diperketat, Tak Boleh Lebih dari 2 Orang DDHK.ORG -- Hong Kong memperketat aturan pembatasan di tengah lonjakan infeksi virus corona. Sejumlah tempat hiburan, termasuk...
Adab Bangun dari Tidur

Adab Bangun dari Tidur

Dasyatnya Lisan

Dasyatnya Lisan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,601FansSuka
412PengikutMengikuti
163PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

Adab Bangun dari Tidur

DDHK.ORG -- Hendaklah engkau berusaha supaya dapat bangun dari tidur sebelum terbit fajar dan hendaklah zikrullah yang mendahului segala sesuatu, baik di hatimu atau...

Dasyatnya Lisan

Oleh Ustadzah Nur Hamidah, Lc., M.Ag. DDHK.ORG – Lisan kita adalah kunci kesuksesan keluarga. Lisan bisa jadi mengetuk pintu langit karena selalu di jaga malaikat...

Hukum Istri Ingin Wakafkan Harta Pribadi Tanpa Persetujuan Suami

Hukum Istri Ingin Wakafkan Harta Pribadi Tanpa Persetujuan Suami Pertanyaan: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, saya mau bertanya. Apakah termasuk istri yang durhaka jika saya ingin mewakafkan sebidang tanah...

Ini Cara Periksa dan Daftarkan IMEI HP Secara Online

DDHK.ORG -- Pekerja migran Indonesia di Hong Kong dan Macau sedang heboh soal isu pemeriksaan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) telepon genggam (HP)...

Adab-adab Melaksanakan Ketaatan

Adab-Adab Melaksanakan Ketaatan DDHK.ORG – Ketahuilah olehmu bahwa perintah Allah itu ada yang fardhu (wajib) dan ada yang sunnat. Yang fardhu ialah modal, yaitu asas...
- Advertisement -
×