ArtikelKeuangan

6 Investasi Syariah Terbaik yang Aman untuk Pekerja Migran

Aktivitas investasi dapat menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Meski demikian sebagian orang masih takut untuk berinvestasi, dan bertanya-tanya apakah investasi halal dan sesuai syariah Islam?

DDHK.ORG — Pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri rata-rata memperoleh pendapatan empat hingga enam kali lebih tinggi daripada saat mereka bekerja di Indonesia. Sehingga peluang mereka untuk berinvestasi jauh lebih besar. Namun pertimbangan akan kehalalan produk investasi masih menjadi persoalan bagi sebagian PMI muslim.

Menanggapi hal tersebut, Personal Growth and Financial Microblogger Setiawan Chogah mengatakan, produk investasi syariah adalah salah satu solusi akan kekhawatiran tersebut. Menurutnya, aktivitas investasi adalah halal dan sudah ada anjuran dalam Alquran dan hadis. Selain itu, sudah banyak kisah-kisah yang mengisyaratkan untuk mengembangkan dan mengatur keuangan, sehingga investasi adalah hal yang halal.

Investasi syariah merupakan investasi yang dilakukan dengan pedoman pada nilai-nilai Islam dan tidak melanggar ajaran agama Islam. Beberapa manfaat investasi syariah adalah tidak melakukan praktik riba, risiko cenderung kecil karena mengedepankan asas kekeluargaan, dan manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para nasabah, tetapi juga untuk orang lain.

Lantas, apa saja jenis investasi syariah terbaik yang bisa dipilih? Yuk, simak beberapa rekomendasi dari Setiawan Chogah berikut ini!

Investasi Deposito Syariah

Salah satu jenis investasi syariah terbaik yang sering digunakan atau dipilih oleh masyarakat Indonesia atau pun PMI yang bekerja di luar negeri adalah deposito syariah. Ini merupakan produk tabungan berjangka yang disediakan oleh banyak bank di Indonesia dan mekanismenya hampir sama dengan deposito konvensional dan juga dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sistemnya, Sahabat menyimpan dana, kemudian bank mengelolanya, hingga batas waktu yang sudah dimusyawarahkan bersama oleh pihak bank dan nasabah. Lalu Sahabat juga akan mendapatkan keuntungan tiap bulan dari jumlah presentase yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Jika pada deposito konvensional memberlakukan sistem bunga, maka deposito syariah memberlakukan sistem bagi hasil dari investasi ke produk usaha yang halal.

Investasi Emas Syariah

Investasi syariah terbaik yang juga tak kalah menguntungkan adalah emas. Bagi pemula, produk ini pun bisa jadi pilihan. Biasanya jenis investasi ini bisa naik tiap tahunnya, bisa diuangkan dengan mudah, modal yang diperlukan tidak terlalu besar, dan dilakukan dengan cara mudah, yakni di Pegadaian, bank syariah, toko emas resmi, bahkan bisa dilakukan secara digital. Salah satu syarat yang diberlakukan adalah tidak menggunakan skema ponzi dan emas yang diinvestasikan benar-benar nyata.

Investasi Properti

Properti seperti apartemen, rumah, atau kondominium juga termasuk pilihan investasi syariah terbaik. Beberapa keuntungannya antara lain risiko yang rendah, nilai jual yang terus naik, dan bila properti tersebut disewa atau dikontrakkan pemiliknya bisa memperoleh penghasilan tetap.

Investasi Obligasi Syariah

Pilihan investasi syariah terbaik untuk PMI lainnya adalah obligasi syariah atau yang disebut sebagai sukuk. Obligasi syariah merupakan produk surat utang yang diterbitkan dengan prinsip syariah. Biasanya perusahaan menggunakan obligasi syariah untuk mencari modal.

Mekanisme dari obligasi syariah, pemberi pinjaman atau investor tidak akan menerima bunga melainkan mendapat imbal hasil dari manfaat penggunaan dana obligasi syariah tersebut.

Investasi Reksadana Syariah

Sahabat juga bisa memilih investasi reksadana syariah. Sistem dari reksadana syariah yakni manajer investasi akan mengumpulkan dana dari para investor dan akan mengelola uang pada beberapa instrument seperti obligasi, produk pasar uang, atau saham yang menjalankan prinsip syariah.

Manajer investasi tidak akan menempatkan para pemodal dalam saham-saham perusahaan yang melanggar syariat Islam misalnya perusahaan jual-beli rokok, minuman keras, dan perbankan konvensional (riba). Biasanya manajer investasi juga hanya mengatur reksadana yang biasa terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES).

Investasi P2P Lending Syariah

Terakhir, investasi syariah terbaik yakni Peer to Peer Lending yang saat ini sedang naik daun. Konsep dari P2P Lending adalah pendanaan yang bisa menghubungkan pihak pemberi pinjaman dengan mereka yang mencari pinjaman.

Dalam praktiknya P2P landing saat ini sudah tersedia dalam jenis syariah di mana pendanaan yang digunakan bertujuan untuk kegiatan yang tidak melanggar nilai-nilai syariah, misalnya memberi modal bagi para usaha.

Bagaimana, cukup banyak bukan pilihan investasi syariah yang bisa Sahabat pertimbangkan? Sahabat pilih saja berdasarkan kebutuhan, tujuan, dan kemampuanmu. [DDHK News]

Setiawan Chogah

Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram pribadinya @setiawanchogah.
Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×