fbpx
26.9 C
Hong Kong
23 Juni 2021

3 Ciri Orang yang Ikhlas

- Advertisement -

DDHK.ORG – Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Ahad (23/8/2020), menggelar kajian online, menggunakan aplikasi Zoom. Kajian yang disampaikan oleh Dai Cordofa, Ustadz Jajang Aisyul Muzzaki, bertema “Ikhlas: Menjernihkan dan Memurnikan Maksud Niat Kita Hanya Mengharap Ridha Allah Ta’ala”.

Ustadz Jajang menyampaikan 3 ciri orang yang ikhlas. Yaitu, memiliki perasaan yang sama saat menghadapi respons orang lain. “Ketika dicela dia tidak marah, dan ketika dipuji tidak bangga,” ujarnya.

Ciri lainnya, tidak merasa berjasa atas kebaikan yang dilakukannya, serta selalu mengharapkan pahala akhirat dan meyakini bahwa masalah dunia akan ikut dengan sendirinya.

Sebagai seorang Muslim, tegas Ustadz Jajang, kita harus ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, ujarnya, seorang Muslim dan Muslimah akan senantiasa istiqomah dalam setiap menghadapi masalah.

Bagi seorang Muslim dan Muslimah, kesuksesannya selalu membuat dia bersyukur. Sebaliknya, jika gagal langsung mengintropeksi diri dan sabar.

Kegagalan duniawi, bagi seorang Muslim dan Muslimah, tidak menjadikan hatinya goyah, karena hatinya telah bersandar kepada Allah.

Ustadz Jajang juga mengungkap dua prinsip mendasar dalam beramal. Yaitu, jika kita meninggalkan amal karena manusia, itu riya. Sedangkan jika beramal untuk manusia itu termasuk syirik.

“Jadi, janganlah takut riya, teruslah beramal tanpa peduli dilihat orang,” ujar Ustadz Jajang. [Iffah]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong

REKOMENDASI UNTUK DIBACA

296 KOMENTAR

Stay Connected

29,697FansSuka
580PengikutMengikuti
387PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

KABAR TERBARU

- Advertisement -spot_img
×