BeritaHong Kong

Wabah Omicron Meluas di Kwai Chung Estate

DDHK.ORG — Wabah corona varian Omicron terus meluas di Kwai Chung Estate, sebuah komplek perumahan publik terbesar di Distrik Kwai Tsing, New Territories. Di area perumahan yang terdiri dari 16 bangunan tempat tinggal ini wabah Omicron meluas ke lebih banyak blok yang ada. Diduga, dengan cluster yang terdeteksi sekarang ini, terdapat lebih dari 210 infeksi.

Pada hari Senin (24/1/2022), ortoritas Kesehatan Hong Kong melaporkan tambahan 69 pasien Covid baru dengan 27 diantaranya terkait dengan Yat Kwai House dan 33 lainnya terkait dengan Ying Kwai House. Keduanya berada di area Kwai Chung Estate dan sedang di-lockdown selama 5 hari. Selain itu, juga ada 9 infeksi baru yang terkait dengan 8 blok lain di Estate tersebut.

Saat konferensi pers, Dr Chuang Shuk-kwan dari Pusat Perlindungan Kesehatan sempat ditanya tentang apakah lockdown di Kwai Chung Estate harus diperpanjang. Sebab, kasus juga muncul di tempat-tempat di mana penduduk Kwai Chung Estate yang terinfeksi bekerja atau berkunjung. Misalnya, wabah di lokasi konstruksi di Victory Avenue di Mong Kok. Sejauh ini, setidaknya 9 pekerja di sana terinfeksi.

Dr Chuang pun menjawab, “Apakah akan memperpanjang periode lockdown, saya pikir itu akan tergantung pada tren kasus dalam beberapa hari mendatang.”

“Untuk setiap kasus kami akan melacak kontak dekat mereka dan menempatkan tempat-tempat yang mereka kunjungi di bawah pemberitahuan tes wajib, untuk memeriksa dan mendeteksi dini apakah ada penyebaran. Tentu saja kami kuatir untuk setiap kasus, ada kemungkinan penyebaran lebih lanjut, terutama dengan Omicron yang sangat menular,” ujarnya.

Warga di Wong Tai Sin diimbau jalani tes Covid-19

Corona juga mengancam di beberapa lokasi lain di Hong Kong. Terkait itu otoritas kesehatan juga meminta warga Wong Tai Sin untuk dites Covid-19 setelah ditemukannya varian Delta dan Omicron dalam sampel limbah di sana.

Tiga kasus positif awal yang dikonfirmasi juga ditemukan di Blok 1 Tropicana Gardens. Semua pasien tinggal di unit E dan 1 diantaranya diperkirakan baru saja membeli hamster. Seperti diketahi, hamster terlibat dalam wabah sebelumnya.

“Karena masalah limbah… dan sekarang kami menemukan beberapa kasus dengan dugaan Delta. Jadi kami mengimbau warga atau mereka yang bekerja di distrik Wong Tai Sin untuk datang melakukan tes sukarela sesegera mungkin,” kata Dr Chuang.

Selain itu, pihak berwenang Hong Kong juga menduga telah terjadi transmisi vertikal di Fu Keung House di Tai Wo Hau Estate. Tercatat, Hong Kong mencatat 109 kasus baru Covid-19 pada hari Senin. sebanyak 98 diantaranya merupakan infeksi lokal.

Lima dari infeksi baru tidak dapat dilacak, termasuk seorang siswa dari King George V School di Ho Man Tin yang tinggal di Tung Chung. Juga, seorang perempuan berusia 53 tahun yang tinggal di Kwai Fong Estate dan baru-baru ini mengunjungi Kwai Fong Plaza dan Metroplaza. [Sumber: RTHK] [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×