fbpx
20.6 C
Hong Kong
28 Januari 2021

Tim DMC-DD Mulai Program Recovery bagi Pengungsi Wasior

- Advertisement -

Tim Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC-DD) mulai melaksanakan program recovery bagi para pengungsi korban banjir Wasior, Papua Barat.

Tim Recovery bertugas melakukan Trauma Healing (penyembuhan luka mental akibat trauma) dan membangun Hunian Sementara (Huntara) bagi para korban Wasior agar dapat tinggal secara layak pasca bencana.

Di beberapa lokasi pengungsian Manokwari (12/10) dampak meluas korban banjir bandang wasior makin terasa. Ribuan anak-anak, selain trauma akibat kejadian banjir bandang yang telah meluluh lantakkan kota Wasior (4/10), juga harus diungsikan keluar dari tempat asalnya menuju Manokwari.

Situasi panik saat mereka berdesakan menuju Kapal Nggapulu yang mengangkut ribuan korban (10/10) juga membuat mereka makin mengalami depresi.

Saat ribuan pengungsi Wasior tiba di Manokwari, Tim ke-2 DMC-DD bekerja menyelenggarakan Program Recovery untuk anak-anak tersebut.

Lokasi program recovery mental berada di sekitar pangkalan TNI AL yang berada di Manokwari. “Kita akan melakukan recovery mental mereka menyesuaikan dengan kearifan lokal yang ada, seperti dongeng dan gerakan tubuh atau menari, metode lainnya juga akan kita kembangkan berdasarkan kondisi lapangan,” jelas Iman Surahman, Koordinator Tim Recovery Wasior.

Di samping itu pula tim sedang melakukan asessmen untuk pembangunan Huntara yang akan siap dikerjakan mulai Jumat (15/10) nanti. “Jika semua berjalan lancar, Jumat akan kita mulai Huntara,” Iman menambahkan. (dompetdhuafa.or.id)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

DDHK.ORG -- Majelis Pengajian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Al-Falah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Rabu (27/01/2021) menyerahkan donasi kemanusiaan kepada Dompet Dhuafa...
5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

DDHK.ORG -- Singkong sering dicap sebagai makanan 'ndeso' karena umum digunakan masyarakat pedesaan sebagai makanan pokok dan kudapan. Di berbagai restoran China dan Thailand...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,371FansSuka
483PengikutMengikuti
232PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×