BeritaDunia Islam

Stadion Klub Sepakbola Inggris Sediakan Tempat Sholat Maghrib Berjamaah untuk Penonton

DDHK.ORG – Salah satu klub sepakbola kenamaan Inggris, Blackburn Rovers, terus menunjukan sikap toleransi luar biasa yang mengembbirakan bagi umat Islam. Klub yanng pernah menjuarai liga utama Inggris, Premier League, ini menyediakan tempat sholat Magrib berjamaah untuk penonton di Stadion Ewood Park pada putaran pertama Piala Liga Inggris lawan Hartlepool, Rabu (10/8/2022) waktu setempat.

Kick-off pertandingan tersebut dimulai pada pukul 19.45 waktu setempat. Blackburn akan menggelar sholat Magrib bersama pada pukul 20.55 waktu setempat. “Untuk suporter Muslim yang datang ke pertandingan kandang kami melawan Hartlepool, kami paham Anda akan membutuhkan waktu untuk sholat Magrib pada pukul 20.55. Silakan tanya kepada petugas untuk mengarahkan ke ruangan yang kami sediakan [untuk salat],” tulis managemen Blackburn di akun Twitter-nya.

Bukan hanya tempat, Blackburn juga menyiapkan imamnya. Klub tersebut menunjuk salah satu suporter Muslim pemegang tiket pertandingan tahunan Blackburn, Hafiz Zayd, sebagai imam salat Magrib berjamaah tersebut. Blackburn juga akan menyediakan tempat ekstra untuk sholat jika tempat yang disediakan tidak cukup.

“Pemegang tiket satu musim, Hafiz Zayd akan memimpin ibadah pada pukul 20.55. Ruangan serba guna kami di Blackburn End tidak hanya dipakai [beribadah] untuk saat ini saja. Anda bisa juga bergerak ke arah ruangan di Jack Walker Stand untuk salat Magrib selama babak kedua berlangsung,” tulis Blackburn.

Bagi klub divisi Championship itu, komunitas Muslim di kota Blackburn merupakan bagian penting dari eksistensi Blackburn Rovers di jagad sepak bola Negeri Ratu Elizabeth. Karena itu mereka ingin mengakomodasi kebutuhan suporter yang beragama Islam dengan menyediakan tempat beribadah. “Seluruh Muslim yang sudah dewasa harus beribadah lima kali sehari. Khusus untuk suporter Muslim, kami memahami itu dan menyediakan kebutuhan beribadah mereka. Kami bangga melakukan ini dalam agenda apapun di Ewood Park,” tulis Blackburn.

Ini bukan pertama kalinya managemen Blackburn mennunjukkan sikap toleransi untuk umat Islam. Mereka sebelumnya juga menggelar sholat Idulfitri pada Mei lalu di dalam stadion. Pada bulan Juli lalu, mereka juga menggelar sholat Iduladha di stadion yang sama. [Sumber: CNN Indonesia][DDHKNews]

Baca juga: