BeritaInternasional

Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Jadi Raja Inggris

DDHK.ORG – Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada hari kamis (8/9/2022), usai menjadi penguasa Kerajaan Inggris terlama, 70 tahun. Pangeran Charles, anak sulung sang Ratu pun ditunjuk menjadi Raja Inggris dan bakal menyandang gelar sebagai Raja Charles III dari Inggris.

Kabar wafatnya Ratu Elizabeth II dikonfirmasi kerajaan lewat media sosial. “Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini,” cuit The Royal Family.

Kabar duka itu diberitakan tak lama setelah Istana Buckingham juga menerbitkan keterangan mengenai kondisi kesehatan Ratu yang mengkhawatirkan pada Kamis (8/9) siang waktu Inggris. “Berdasarkan dari hasil evaluasi pagi ini (Kamis), para dokter Ratu mulai mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia (Ratu Elizabeth II) dan merekomendasikan agar ia tetap di bawah pemantauan medis,” demikian keterangan dari pihak Istana.

Tak lama setelah pengumuman itu, para anggota keluarga kerajaan bertolak ke Istana Balmoral Skotlandia. Hingga Istana Buckingham pada Kamis (8/9/) sore mengumumkan Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Ratu Elizabeth II bahkan tercatat sebagai ratu terlama di kerajaan dalam sejarah dunia. Awal perjalanannya dimulai pada 6 Februari 1952, saat Raja George VI, yang memiliki dua putri yakni Elizabeth dan Margaret, meninggal setelah penyakit yang berkepanjangan. Dilansir dari situs resmi Kerajaan Inggris, sang putri tertua George VI, yang bernama asli Elizabeth Alexandra Mary Windsor, kemudian naik takhta, menjadi Ratu Elizabeth II.

Penobatan Ratu Elizabeth II berlangsung di Westminster Abbey pada 2 Juni 1953, dan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury Geoffrey Fisher. Ratu Elizabeth kemudian juga menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) merdeka, yaitu: Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka. Setelah 70 tahun pasca-penobatannya sebagai Ratu, Elizabeth pergi akibat kondisi kesehatannya.

CNN Indonesia melansir, Charles menjadi orang yang paling lama menunggu untuk menjadi Raja Inggris sepanjang sejarah. Ia telah menunggu hampir sepanjang hidupnya untuk mengambil alih tahta dari ibunya.

Pangeran Charles dinobatkan sebagai Putra Mahkota saat berusia 3 tahun. Kini, sang Prince of Wales telah berusia 73 tahun. [DDHKNews]

Baca juga: