fbpx
11.7 C
Hong Kong
19 Januari 2021

Pelatihan Public Speaking Ulil Albab DDHK: Pahami Audiens dan Topik

- Advertisement -

Unit Pelaksana Ulil Albab Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) menggelar pelatihan Public Speaking dengan narasumber Ustadz Triono Hari Kuncoro (motivator dan pendongeng asal Yogyakarta) di Tenda Putih Victoria Park, Causeway Bay, Hong Kong, Minggu 29 Januari 2012.

Acara pembukaan dimulai dengan pembacaan Surat Al-Fatihah yang dipadu langsung oleh Pembawa Acara, Sasa Umiyati, dan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ifan dan Nissa.

Dalam sambutanya, General Manager DDHK Ust. Ahmad Fauzi Qosim mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan dan seluruh jamaah (BMI Hong Kong) yang datang. Ia mengajak seluruh jamaah bernyanyi lagu Bingkai Kehidupan agar mereka tambah bersemangat.

Ustadz Triono Hari Kuncoro alias Kang Kun menyampaikan tips-tips menjadi Public Speaker yang baik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor internal yaitu percaya diri, yakin, serta luaskan hati dan wawasan.

Faktor eksternal yaitu harus mengerti audiens dan memiliki alat bantu atau tempat, mengatur pernafasan, dan memahami topik acara dan pembicaraan.

“Menjadi seorang pembawa acara atau MC dan saat pidato itu tidak boleh grogi,” katanya. “Orang grogi tidak sadar apa yang mereka lakukan dan grogi dapat pula diatasi dengan cara tarik nafas, bercermin, dan berbicara atau bernyanyi dengan diri sendiri,” imbuhnya.

Dijelaskannya, ada tiga komponen penting dalam pidato, yaitu vokal, ekspresi, dan gestur.

Setelah diberi teori, peserta disuruh praktik dan tes langsung di depan peserta lainya. Sekitar 120 orang peserta (BMI Hong Kong) mengikuti traning tersebut.

BACA JUGA:  Luncurkan Program Madrasah Perantau Online, DDHK Berikan Kajian Komprehensif untuk Pekerja Migran

Menurut Koordinator Ulil Albab DDHK, Yuni Shandriya Ratmoko, acara ini bertujuan untuk melatih mental kader-kader dakwah supaya mereka tau tata cara saat menjadi pembicara dalam suatu majelis.

BACA JUGA:  Senin, Pusat Manajemen Bencana DD Terjunkan 7 Tim ke Lokasi Pencarian Korban Sriwijaya Air

“Kader-kader Ulil Albab ‘kan memang bersangkutan dengan publik, jadi dengan adanya pelatihan ini mereka akan tahu cara mengahadapinya,” katanya. (Tati Tia Surati/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Dirikan Yacipta, Pak Chandra Edukasi Pekerja Migran Indonesia Melek Wirausaha

Dirikan Yacipta, Pak Chandra Edukasi Pekerja Migran Indonesia Melek Wirausaha

DDHK.ORG -- Wahyudi Chandra, pemilik usaha kirim uang di Hong Kong, Chandra Remittance, mendirikan lembaga sosial yang diberi nama Yayasan Cipta Kasih Damai Sejahtera...
Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan Diperberat Menjadi HK$5,000

Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan Diperberat Menjadi HK$5,000

DDHK.ORG -- Pemerintah Hong Kong, Jumat, 4 Desember 2020, mengumumkan bahwa hukuman denda langsung bagi pelanggar aturan pencegahan dan pengendalian penyakit diperberat, dari HK$2,000...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,818FansSuka
483PengikutMengikuti
215PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×