fbpx
20 C
Hong Kong
5 Maret 2021

Mesir Izinkan Konvoi Asia Masuk Gaza

- Advertisement -

Mesir mengizinkan satu konvoi bantuan Asia memasuki Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah, tetapi melarang para aktivis Iran ikut rombongan itu karena alasan keamanan, kata sumber-sumber Mesir, Jumat.

Konvoi “Asia 1” terdiri atas 120 aktivis dari 18 negara Asia tiba Sabtu dari pelabuhan Al Ladhiqiyah, Suriah, dalam perjalanan ke pelabuhan Arish di kota Arish, 40km perbatasan Rafah Mesir dengan Gaza.

Israel tetap memblokade Gaza sejak tahun 2007, ketika kelompok Hamas menguasai wilayah tersebut.

Konvoi itu akan diizinkan untuk mengangkut 300 ton obat-obatan, termasuk empat ambulan , untuk warga Palestina di Gaza melalui perbatasan Rafah, kata sumber-sumber keamanan.

Sumber-sumber keamanan mengatakan para aktivis Iran ditolak masuk karena “alasan-alasan keamanan dan organisasi,” tanpa merinci lebih jauh. Tidak diketahui berapa jumlah aktivis Iran yang ingin ikut konvoi itu.

Kawat-kawat dplomaik Amerika Serikat yang disiarkan di laman internet WikiLeaks menunjukkan Mesir hati-hati terhadap pengaruh Iran yang meluas di kawasan itu.

Satu kawat yang mengutip pernyataan kepala intelien Mesir, Omar Suleiman, yang mengatakan Iran memberikan bantuan kepada Hamas 25 juta dolar sebulan, tetapi Mesir melarang bantuan keuangan itu memasuki Gaza. Iran mengatakan, dukungannya kepada Hamas adalah dukungan diplomatik,.

“Asia 1” menurut rencana semula sampai di Gaza 27 Desember, saat ulang tahun kedua perang 22 hari Israel di Jalur Gaza tahun 2008. Sekitar 1.400 warga Palestina dan 13 warga Israel tewas.

Iran dan Mesir memutuskan hubungan tahun 1980 setelah Revolusi Islam Iran dan pengakuan Mesir terhadap Israel. (ANTARA News).

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,471FansSuka
552PengikutMengikuti
264PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×