TransportasiTravel

Mengenal Moda Transportasi Umum Hong Kong: MTR, Layanan Kereta Tepat Waktu (Bagian 2)

DDHK.ORG — Hong Kong dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem transportasi umum terbaik di dunia. Sebagian besar wilayah di Hong Kong sudah dijangkau oleh MTR atau Mass Transit Railway, sebutan untuk moda transportasi kereta di Hong Kong. Rangkaian jalur kereta MTR Hong Kong bahkan menghubungkan kota itu mulai dari bandara hingga ke wilayah paling ujung yang berbatasan langsung dengan China daratan.

Untuk wilayah yang tidak terjangkau MTR, mulai dari daerah tepi pantai hingga pegunungan, tetap bisa dicapai dengan bus, minibus, trem, atau taksi. Bahkan, antarpulaunya juga terkoneksi dengan baik lewat layanan kapal feri.

DDHK News mengupas tuntas moda transportasi yang tersedia di Hong Kong lewat beebrapa tulisan berseri. Ini adalah tulisan kedua.

***

Salah satu moda transportasi andalan di Hong Kong adalah kereta MTR. Layanan kereta MTR Hong Kong telah ada sejak 1979. Awalnya, ada 2 perusahaan yang mengoperasikan kereta di Hong Kong, yakni MTR dan KCR (Kowloon-Canton Railway). Namun sejak 2007 keduanya telah digabungkan menjadi satu.

“MTR telah menyediakan cara yang aman, andal, dan efisien untuk berkeliling Hong Kong sejak 1979. Pada bulan Desember 2007, operasi MTR dan Kowloon-Canton Railway Corporation telah digabungkan untuk membentuk salah satu jaringan kereta api yang paling efisien dan memiliki jangakauan paling luas se-Asia. Sistem yang baru diperluas membentang dari jantung Central dan Causeway Bay hingga New Territories dan Pulau Lantau,” demikian keterangan di situs resmi MTR Corporation, pengelola layanan kereta MTR.

Saat ini MTR mengoperasikan 9 jalur komuter utama yang melayani Hong Kong Island, Kowloon, dan New Territories. “Di antaranya, East Rail Line) yang menghubungkan ke perbatasan (dengan China daratan) di stasiun Lo Wu dan Lok Ma Chau untuk perjalanan antara Hong Kong dan Shenzhen. Selain itu, jaringan Light Rail melayani masyarakat lokal di North West New Territories, sementara armada bus menyediakan layanan feeder yang nyaman,” tulis MTR Corporation.

Penumpang juga bisa bepergian dengan mudah ke provinsi Guangdong, Beijing, dan Shanghai di China daratan menggunakan layanan kereta MTR. Yakni, menggunakan layanan High Speed ​​Rail atau jalur kereta super cepat yang menghubungkan stasiun Hong Kong West Kowloon dengan berbagai stasiun kereta di China secara langsung tanpa perpindahan.

“MTR Corporation secara luas diakui sebagai penyedia layanan transportasi umum kelas dunia yang secara konsisten mencapai standar internasional tertinggi dalam keandalan, keamanan, dan efisiensi. Dengan penumpang yang secara konsisten tiba di tujuan mereka tepat waktu, 99 persen, penumpang mengandalkan MTR untuk menyediakan koneksi yang cepat dan nyaman ke sebagian besar lokasi di Hong Kong dan sekitarnya,” tulis MTR Corporation.

9 Jalur Utama

MTR memiliki 9 jalur utama. Yakni, Island Line (jalur biru) dengan 17 stasiun, South Island Line dengan 5 stasiun, Tsuen Wan Line (jalur merah) dengan 16 stasiun, Kwun Tong Line (jalur hijau) dengan 17 stasiun, Tseung Kwan O Line (jalur ungu) dengan 8 stasiun, Tung Chung Line and Disneyland Resort dengan 10 stasiun, East Rail Line dengan 14 stasiun, dan Tuen Ma Line dengan 27 stasiun.

Saat artikel ini ditulis, 20 September 2021, 9 jalur utama MTR memiliki 100 stasiun.

Berdasarkan ketetapan per tanggal 27 Juni 2021, tarif paling murahnya, HK$4.7. Sedangkan yang termahal, dari berbagai stasiun di Island Line dan beberapa stasiun di Tseung Kwan O Line ke stasiun Lo Wu dan Lok Ma Chau yang berbatasan dengan China daratan, tarifnya HK$51.8. (Sumber: mtr.com.hk)

[Bersambung] [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×