BeritaHong Kong

Mau Masuk Majikan Baru dan Ikut Tes Virus Gratis, Bawa Dokumen Ini

DDHK.ORG – Pada tanggal 22 Oktober 2020, Departemen Tenaga Kerja Hong Kong mengumumkan bahwa layanan pengujian Covid-19 gratis akan terus disediakan bagi pekerja rumah tangga (PRT) asing yang menunggu untuk bergabung dengan majikan baru mereka. Perpanjangan ini berlaku mulai besok, 27 Oktober, hingga 21 November.

“Tidak diperlukan janji (booking) sebelumnya dan tes virus ini gratis,” tulis situs web resmi Pemerintah Hong Kong, news.gov.hk.

Tata cara mengambil dan mengembalikan paket spesimen

PRT asing yang memenuhi syarat dapat mengambil dan mengembalikan paket pengambilan spesimen di titik distribusi/pengambilan sementara yang terletak di gedung Immigration Tower di Wan Chai. Layanan dibuka dari jam 11.00 hingga 16.00, dari hari Senin hingga Sabtu.

Saat mendistribusikan paket pengambilan spesimen, petugas jaga akan meminta informasi sederhana mengenai kelayakan PRT untuk mendapatkan layanan tes virus, seperti kartu identitas Hong Kong (HKID) atau nomor paspor, nomor referensi dan batas tinggal seperti yang tertera pada visa terbaru yang dikeluarkan oleh Imigrasi Departemen, atau nomor referensi atau tanggal permohonan visa atau perpanjangan masa tinggal sebagai pengunjung seperti yang ditunjukkan pada dokumen yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi. “PRT harus membawa dokumen yang relevan untuk verifikasi dan menandatangani formulir persetujuan,” tulis news.gov.hk.

Setelah mengumpulkan paket pengambilan spesimen, para PRT yang hendak mengikuti tes virus gratis ini diminta untuk mendaftarkan informasi pribadi mereka di situs web pemerintah dan memilih “Non-Government Staff – Foreign domestic helpers waiting to join new employers’ family” (Staf Non-Pemerintah – PRT asing yang menunggu untuk bergabung dengan keluarga majikan baru), untuk menerima pemberitahuan SMS tentang hasil tes. Jika diperlukan, petugas jaga dapat membantu mereka untuk pendaftaran di situs web tersebut.

“PRT harus mengambil sendiri spesimen air liur tenggorokan dalam dan mengembalikannya ke tempat pengumpulan sementara pada hari yang sama,” tulis news.gov.hk.

Selanjutnya, tim yang ditunjuk pemerintah akan mengirimkan spesimen ke laboratorium untuk diuji. Para PRT asi0ng yang mengukuti tes virus gratis ini akan diberi tahu tentang hasil tes negatif melalui SMS. Sedangkan yang dinyatakan positif, akan dirujuk ke Pusat Perlindungan Kesehatan Departemen Kesehatan untuk tindak lanjut.

Departemen Tenaga Kerja Hong Kong menyediakan layanan hotline 21579537 untuk dihubungi jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan terkait layanan ini. [DDHK News]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×