Info DD

Kumandang Bacaan Quran Sebelum Shalat Jumat

Pak ustad diwaktu menjelang shalat/khutbah jumat, ada mesjid yg suka mengumandangkan ayat suci al quran pake pengeras suara, tapi ada juga yg tidak . Mohon penjelasan?? 081394375XXX

JAWAB: Masjid yang melakukan hal tersebut menganggapnya sebagai “pengingat” agar kaum Muslim siap-siap shalat Jumat. Masjid yang tidak melakukannya menilai hal tersebut “mengada-ada”.

Sejauh ini kami belum menemukan keterangan (dalil) yang menyebutkan hal tersebut dilakukan atau terjadi pada masa Rasulullah Saw dan para sahabat. Karenanya, sebagian ulama berpendapat, bacaan Quran yang dikumandangkan sebelum adzan Jumat (juga adzan waktu shalat lainnya) dengan menggunakan pengeras suara adalah hal yang diada-adakan (bid’ah).

Hal itu juga akan mengganggu orang-orang yang shalat sunat, membaca Al-Quran, berdzikir, dan berdoa sambil menunggu khotib naik mimbar. Nabi Saw melarang mengeraskan suara dalam membaca Al-Quran di masjid karena akan mengganggu konsentrasi jamaah lain.

Imam Malik dan Imam Ahmad telah meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari al-Bayadhi ra, bahwa Rasulullah Saw pernah keluar menemui orang-orang yang sedang mengerjakan shalat, sementara suara mereka terdengar keras membaca Al-Quran, maka beliau bersabda:

“Sesungguhnya orang yang shalat itu bermunajat kepada Rabbnya, karenanya hendaklah dia memperhatikan dengan apa ia bermunajat. Dan janganlah sebagian dari kalian mengeraskan suara atas sebagian yang lain dalam membaca Al-Quran”. (HR. Malik, Ahmad, Al-Baihaqi).

“Ketahuilah, sesungguhnya masing-masing dari kalian bermunajat kepada Rabbnya. Oleh karena itu, janganlah sebagian kalian mengganggu sebagian lainnya, dan janganlah sebagian mengangkat suatu atas yang lainnya dalam membaca Al-Quran.” (HR. Abu Daud). Wallahu a’lam.*

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×