BeritaHong Kong

Kemungkinan Kasus Covid di Hong Kong Mulai Turun

DDHK.ORG – Chuang Shuk-kwan, dari Pusat Perlindungan Kesehatan (CHP) Hong Kong, pada hari Ahad, 11 September 2022, mengatakan bahwa ada tanda-tanda bahwa kasus Covid lokal turun. Nmaun, kondisinya masih perlu diamati lebih lama untuk melihat apakah kasus memang mengarah ke penurunan.

“Dalam beberapa hari terakhir, beban kasus tampaknya sedikit turun. Ada tanda-tanda penurunan jumlah total. Tapi kita masih perlu melihat dalam jangka waktu yang lebih lama bagaimana keadaannya,” kata Chuang, saat menyampaikan update harian kasus Covid, seperti dilansir RTHK, Senin (12/9/2022).

Para pejabat di otoritas kesehatan Hong Kong saat ini sedang mengawasi untuk melihat apakah kasus yang melibatkan subvarian Omicron BA.5 yang lebih menular telah mencapai puncaknya. Dan, apakah akan ada peningkatan kasus setelah liburan festival pertengahan musim gugur (Mid-Autumn Festival), 11-12 September 2022.

“Kasus lokal yang melibatkan BA.5 sekarang mencapai sekitar 65 persen dari semua kasus lokal,” ujar Chuang.

RTHK juga melansir pendapat seorang penasihat pandemi pemerintah, Lau Yu-lung, yang memperkirakan kasus akan memuncak dalam waktu sekitar satu minggu. Tercatat, terdapat sekitar 10.000 hingga 11.000 kasus sehari dalam 10 hari terakhir di Hong Kong.

Sekitar 2.700 pasien Covid dirawat di rumah sakit umum, dan 12 dalam perawatan intensif. Sebanyak 11 pasien Covid telah meninggal, meskipun lima di antaranya diyakini tidak terkait langsung dengan virus tersebut.

Pada hari Ahad sendiri, tercatat kasus 9.033 infeksi baru di Hong Kong. Termasuk di dalamnya 129 kasus impor. Sedangkan pada hari Senin, 12 September, Pusat Perlindungan Kesehatan menyampaikan tercatat 7.772 kasus Covid lokal, di mana 1.876 di antaranya diidentifikasi melalui tes asam nukleat dan 5.896 melalui tes antigen cepat. [Sumber: RTHK/news/gov.hk] [DDHKNews]

Baca juga: