fbpx
17.8 C
Hong Kong
4 Maret 2021

Kelompok HAM: Terjadi Pembunuhan Masal terhadap Muslim Myanmar

- Advertisement -

DDHK News, Myanmar — Sebuah kelompoh Hak Asasi Manusia mengatakan, warga Budha Myanmar dibantu polisi melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap warga Muslim.

Situs BBCIndonesia.com memberitakan, dua pekerja bantuan internasional mengatakan, sedikitnya 30 warga Islam Rohingya tewas dalan bentrokan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Kepada BBC, keduanya -yang mendapat akses ke kawasan konflik itu- mengatakan menemukan bukti-bukti tentang pembunuhan massal.

Kelompok hak asasi manusia, Fortify Rights, mengatakan bahwa rangkaian serangan kekerasan itu berlangsung selama lima hari.

Pemerintah Myanmar dan pejabat setempat membantah keras pembunuhan masal tersebut.

Berita tentang pembunuhan massal ini muncul setelah maraknya bentrokan antara warga Rohingya dan polisi di Maungdaw bulan lalu.

Ketegangan semakin meningkat setelah seorang polisi dilaporkan hilang dan diduga mati dibunuh.

Laporan-laporan menyebutkan umat Buddha yang mendapat bantuan polisi melakukan aksi balas dendam di desa Du Char Yar Tan dan sekitarnya.

Kepala bantuan kemanusiaan PBB, Valerie Amos, sudah mendesak pemerintah Myanmar untuk mengizinkan pekerja bantuan memasuki Rakhine dan meminta penyelidikan yang independen atas dugaan itu.

Sedikitnya 200 orang meninggal dan puluhan ribu mengungsi akibat kekerasan antara umat Buddha dan Islam di negara bagian Rakhine sejak tahun 2012.

Orang Rohingya yang beragama Islam tidak dianggap pemerintah sebagai warga negara dan banyak dari mereka yang mengungsi, antara lain ke Malaysia, Indonesia, maupun Bangladesh. (mel/bbc/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
263PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×