fbpx
17.8 C
Hong Kong
4 Maret 2021

Jerman Angkat Muslimah Jadi Wakil Juru Bicara Kemenlu

- Advertisement -

Berlin-Names-First Muslim-SpokespersonDDHK News, Jerman — Pemerintah Jerman menunjuk seorang Muslimah berdarah Palestina, Sawsan Chebli (35 tahun), sebagai wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman.

Chebli menjadi warga Muslim pertama yang dipekerjakan sebagai juru bicara deputi Kementerian Luar Negeri di Negara Eropa Bagian Barat itu.

Situs World Bulletin melaporkan, dalam konferensi pers yang digelar pemerintah di ibu kota Berlin, Chebli memperkenalkan dirinya dan mengatakan, pekerjaannya sebagai wakil juru bicara Kemlu Jerman resmi dimulai sejak Senin (27/1).

Chebli juga menjelaskan, sebelumnya ia bekerja di Parlemen Jerman (Bundestag) selama enam tahun dan memiliki pengalaman sebagai jubir di sana. “Saya senang bisa menempati jabatan baru (sebagai wakil jubir Kemlu) ini. Saya berharap, suatu hari nanti agama atau etnis tidak lagi menjadi penghalang seseorang untuk berkarir dan akan dianggap sebagai sebuah hal yang normal,” ujar Chebli.

“Jika melihat penampilan, Anda mungkin tak menduga saya seorang Muslimah karena saya tak berkerudung,” katanya akhir kepada Deutsche Presse-Agentur. Tapi, Chelbi mengaku dirinya masih melaksakan shalat, puasa, tak makan babi, dan tidak minum alkohol.

Chebli merupakan gadis kelahiran Jerman berdarah Palestina. Ia mulai dipekerajakan pada akhir pekan lalu oleh Menteri Luar Negeri Jerman yang baru, Frank-Walter Steinmeier.

Kebaradaan Chebli melawan tradisi puluhan tahun Kementerian Luas Negeri Jerman yang hanya membolehkan urusan diplomasi dilakukan para aristokrat.

Diplomat Muslim pernah menduduki posisi di kaukus Parlemen Demokratik di samping berurusan dengan etnis minoritas di Pemerintah Kota Berlin.

Lahir di Berlin, Chebli, yang orang tuanya pindah ke Jerman pada 1970-an mendapat kewarganegaraan Jerman saat usianya 15 tahun. Alumnus ilmu politik itu juga pernah bekerja selama enam tahun di Parlemen Jerman (Bundestag).

Warga Muslim Jerman saat ini berjumalah sekitar 3,4 juta dari total polulasi 82 juta orang. (mel/onislam.net/rol/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
263PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×