fbpx
17.8 C
Hong Kong
26 Januari 2021

Inggris Dilarang Ekstradisi Abu Qatada

- Advertisement -

Pemerintah Inggris dilarang mengekstradisi Omar Othman  alias Abu Qatada, ulama yang dianggap ”radikal’, ke Yordania. Larangan itu dikeluarkan Pengadilan HAM Eropa di Strasbourg, Prancis.

Mahkamah HAM Eropa menyatakan, jika dikembalikan ke Yordania, besar kemungkinan Qatada akan disiksa dan tidak mendapat proses peradilan yang adil.

Pemerintah Inggris menganggap Qatada yang dijuluki sebagai “tangan kanan Osama bin Ladin di Eropa” itu sebagai ancaman bagi keamanan nasional.

Abu Qatada diburu oleh pemerintah Yordania dengan tuduhan ia aktif sebagai “teroris”. Di Yordania, Qatada divonis penjara seumur hidup.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa May, mengatakan pihaknya kecewa dengan keputusan Pengadilan HAM Eropa.

Abu Qatada dianggap sebagai salah satu ulama berpengaruh di Eropa. Hakim di Inggris menyebut Qatada sangat berbahaya.

Qatada belum pernah diadili di Inggris, namun telah ditahan dan menjalani tahanan rumah. Penegak hukum belum secara resmi menjatuhkan dakwaan kepadanya.

Pemerintah Inggris masih bisa mengajukan banding atas keputusan Pengadilan HAM Eropa hingga tiga bulan ke depan. Jika banding tidak diajukan, maka keputusan Pengadilan HAM akan berlaku dan Qatada harus dibebaskan.

Ulama yang memegang kewarganegaran Yordania tersebut telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan Yordania. Namun, Qatada mengatakan, bukti yang diperoleh jaksa didapat melalui penyiksaan terhadap beberapa tersangka lain dan ia akan menghadapi kemungkinan serupa bila dideportasi dari Inggris ke Yordania. Ia melarikan diri ke Inggris pada 1993 setelah mengaku dua kali disiksa. (Mel/RNW/BBC/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya? TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz saya ingin bertanya. Apa yang sebaiknya aku lakukan sebagai istri sekaligus anak? Ibu...
Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, keponakanku kan minta tolong dipinjami uang. Lalu, aku pinjemi. Saat waktunya bayar, dia selalu cari-cari alasan dan tidak...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,366FansSuka
483PengikutMengikuti
229PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×