BeritaInfo DD

Idul Adha 2021 DDHK Terima Dana Kurban HK$147 Ribu dari 139 Pekurban

DDHK.ORG — Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) pada Idul Adha tahun 2021 menerima dana kurban sebesar HK$147,000 dari 139 pekurban, baik perorangan maupun organisasi, termasuk dari kalangan ekspatriat dan majelis-majelis mitra dakwah. Untuk jumlah dana yang diterima, tercatat terjadinya peningkatan sebesar 22.08 persen dari tahun 2020.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pekurban, baik secara personal maupun organisasi, yang telah mempercayakan DDHK untuk mendistribusikan hewan kurban,” kata General Manager DDHK, M. Imam Baihaqi.

Dari total 139 pekurban di DDHK tahun ini, sebanyak 120 orang dan organisasi berkurban domba/kambing. Sisanya, 19 pekurban sapi. “Di tengah situasi Indonesia yang sedang berjuang melawan Covid-19, pembagian daging kurban yang telah kita lakukan tentu sangat dirasakan manfaatnya,” ujar Imam Baihaqi.

Pendistribusian hewan kurban DDHK diikutsertakan dalam program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa pusat yang dibagikan ke seluruh pelosok Tanah Air, bahkan hingga ke Palestina.

Terkait program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, daging kurban DDHK didistribusikan ke 4 lokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara dan 4 lokasi di Provinsi DI Yogyakarta.

Di Sulawesi Tenggara, distribusi dilakukan di Desa Watubanggga, Kecamatan Baruga, dan Desa Punggolaka, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari; serta Desa Margacinta, Kecamatan Wawonii, dan Desa Watumbohoti, Palangga Selatan, Kabupaten Konawe Selatan

Di Yogyakarta, distribusi dilakukan di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul; Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, dan Desa Wates, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, serta di Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2020 DDHK menerima dana kurban sebesar HK$120,410 dari 137 pekurban. “Dari jumlah dana yang diterima, pada tahun 2021 tumbuh 22.08 persen dari tahun 2020. Untuk setara pekurban, tahun 2021 tumbuh 1.45 persen dari tahun sebelumnya,” kata Imam Baihaqi.

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, dari Pelosok Negeri hingga Palestina

Program Tebar Hewan Kurban yang dilakukan Dompet Dhuafa menyasar masyarakat yang membutuhkan di berbagai pelosok negeri. Misalnya, di Nusa Tenggara Timur, distribusi daging kurban menyasar 15 kota dan kabupaten.

Sebanyak 78 ekor sapi dan 29 ekor kambing di sembelih, lalu dibagikan langsung ke rumah-rumah. Tidak kurang ada 8.234 keluarga bisa merasakan berkahnya daging kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Di Sumatera Barat, distribusi daging kurban menjangkau 12 titik kabupaten/kota. Terutama, di wilayah pelosok yang jarang diselenggarakan kurban.

Total, 54 ekor sapi dan 48 domba yang disembelih dalam perayaan kurban lalu di Sumatera Barat.

Sebanyak 100 ekor setara domba/kambing juga didistribusikan Dompet Dhuafa di wilayah Jabodetabek. selain kepada masyarakat dgghuafa perkotaan, daging kurban juga disalurkan kepada para muallaf yang berada di Wisma Muallaf Dompet Dhuafa di Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa juga menyasar masyarakat sipil korban kemanusiaan di luar negeri seperti di Palestina. Sebanyak 50 ekor sapi disembelih dan berhasil didistribusikan kepada mereka. Tak hanya mereka yang berada di pengungsian, daging sapi pun disalurkan kepada warga dhuafa yang membutuhkan. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×