Info DD

Hong Kong 2 Hari, Macau 19 Hari Berturut-turut Tanpa Kasus Baru Covid-19

LAGI, pada hari Senin (27/4/2020) Hong Kong tanpa tambahan kasus baru virus corona. Sudah 2 hari berturut-turut Negeri Beton tanpa kasus baru, atau yang keempat kalinya dalam 8 hari terakhir.

Terakhir kali Hong Kong memiliki catatan positif 2 hari berturut-turut tanpa satu pun tambahan kasus baru Covid-19 adalah pada bulan Januari lalu. Yakni, pada 27 dan 28 Januari, meskipun ada lonjakan jumlah kasus baru pada akhir Maret.

“Tepat sebulan yang lalu, Hong Kong mencatat rekor 65 kasus dalam satu hari, pada puncak ‘gelombang kedua’ dari epidemi Covid-19 yang disebabkan oleh kembalinya puluhan ribu penduduk Hong Kong dari luar negeri,” tulis lembaga penyiaran publik Radio Television Hong Kong (RTHK).

Terlepas dari penurunan jumlah kasus dalam beberapa hari terakhir, Pusat Perlindungan Kesehatan (CHP) mengingatkan masyarakat Hong Kong untuk tetap menjaga kebersihan pribadi dan menghindari kegiatan yang tidak perlu, seperti berkumpul dan makan bersama. Hal itu penting, untuk menghindari kontak dengan orang tanpa gejala yang mungkin membawa virus corona.

Di saat yang sama, Macau telah mencatatkan 19 hari berturut-turut tanpa tambahan kasus baru Covid-19, sejak 8 April silam. “Pusat Respons dan Koordinasi Novel Coronavirus hari ini (27/4/2020) mengumumkan bahwa satu lagi pasien virus corona baru telah dipulangkan dan dipindahkan ke Centro Clínico de Saúde Pública (Pusat Klinik Kesehatan Masyarakat) untuk masa isolasi 14 hari pemulihan lanjutan,” tulis Macau News.

Sementara di Indonesia, jumlah kasus Covid-19 terus bertambah. Kementerian Kesehatan RI mengumumkan, terjadi penambahan 214 kasus baru pada Senin, menjadikan jumlah totalnya mencapai 9.096.

Diumumkan pula, terdapat tambahan 44 pasien sembuh, dengan total 1.151 yang sembuh. Sedangkan yang meninggal dunia bertambah 22 orang, menjadi 765.
Secara global, virus corona telah menjangkiti hampir 3 juta orang. Sebanyak 207.238 diantaranya meninggal dunia dan 837.130 lainnya telah dinyatakan sembuh. [DDHKNews/sumber: news.gov.hk/RTHK/Macau News/Kemenkes RI/SCMP]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×