fbpx
19.3 C
Hong Kong
22 Januari 2021

Hariman: Kita Harus Tetap Melawan

- Advertisement -

Aktivis mahasiswa 1970-an, Hariman Siregar, mengajak untuk tetap menjaga proses demokratisasi karena pemerintahan setelah reformasi tidak otomatis melaksanakan demokrasi yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan rakyat.

Pernyataan tersebut merupakan sambutan tokoh mahasiswa yang terkenal melalui demonstrasi mahasiswa Malari pada 15 Januari 1974 pada ulang tahun ke-11 Indonesia Democracy Monitor (Indemo) sekaligus peluncuran buku Hariman & Malari, Gelombang Aksi Mahasiswa Menentang Modal Asing di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (15/1/11) malam.

“Keadaan kita saat ini sudah keterlaluan, bagaimana Gayus bisa bilang jadi staf ahli Kapolri. Tetapi, masih ada orang-orang seperti kita, masih berani melawan. Kita jangan diam,” kata Hariman.

Di depan tamu yang memenuhi Graha Bakti Budaya, Hariman mengatakan, dia malu bikin buku tentang dirinya. Akan tetapi, teman-temannya meyakinkan kelebihan Hariman, yaitu cerita tentang perjalanan menjaga demokrasi di Indonesia dari pemimpin yang otoriter. “Saya pikir benar juga. Yang jelas cerita di buku ini bukan cerita bohong,” katanya.

Menurut dia, buku dan acara ini bukan nostalgia, tetapi meneruskan perjuangan dulu yang belum selesai, bersikap kritis terhadap pemerintah untuk menjaga proses demokrasi. Konsekuensi demokratisasi adalah peran kritis mahasiswa diambil alih parpol-parpol yang, menurut Hariman, sudah membajak demokrasi. Yang diperlukan adalah masyarakat yang ikut aktif mengontrol jalannya demokrasi agar kekayaan alam Indonesia benar untuk kesejahteraan seluruh rakyat.

Tamu yang hadir, antara lain, Lili Wachid, Chris Siner, Daud Sinyal, Cosmas Batubara, Sukardi Rinakit, Wiranto, Yudi Latif, Anwar Nasution, Christine Hakim, Adnan Buyung Nasution, Rachman Toleng, Rizal Ramli, dan Rosihan Anwar. (KOMPAS)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Zakat Profesi atau Penghasilan

Zakat Profesi atau Penghasilan

Pengertian Zakat profesi adalah zakat harta yang dihasilkan oleh usaha manusia dengan mengandalkan kemampuan intelektual, keahlian dan tenaganya. Ada tiga macam pekerjaan yang dapat dikategorikan dalam...
Malang, Lamongan, Pidie, Cirebon, Manado Dilanda Banjir

Malang, Lamongan, Pidie, Cirebon, Manado Dilanda Banjir

DDHK.ORG -- Selain berbagai bencana alam di Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Sumedang yang beritanya sudah tersebar luas, bencana alam berupa banjir juga melanda...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,838FansSuka
483PengikutMengikuti
221PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×