BeritaHong Kong

Gaji Minimum PRT Asing Tetap, Tunjangan Makan Naik

DDHK.ORG — Gaji Minimum yang Diperbolehkan (MAW) untuk pekerja rumah tangga (PRT) asing di Hong Kong akan tetap pada angka HK$4,630 per bulan. Hal itu diumumkan Pemerintah Hong Kong pada tanggal 30 September 2021 lalu.

“Pemerintah meninjau MAW untuk PRT asing secara berkala. Sesuai dengan praktik yang telah ditetapkan, kami telah mempertimbangkan dengan cermat kondisi ekonomi dan pasar tenaga kerja umum Hong Kong selama setahun terakhir, serta prospek ekonomi jangka pendek Hong Kong, termasuk dampak pandemi Covid-19 dalam tinjauan tahun ini. Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, keterjangkauan pemberi kerja dan mata pencaharian PRT asing, Pemerintah telah memutuskan bahwa tingkat gaji minimum untuk PRT asing tetap tidak berubah,” kata seorang juru bicara pemerintah.

Selain itu, di bawah Kontrak Kerja Standar untuk mempekerjakan PRT asing, majikan diwajibkan untuk menyediakan makanan gratis bagi pekerjanya. Namun, majikan dapat memilih untuk membayar tunjangan makan sebagai gantinya. Tunjangan makan ini ditetapkan naik sebesar HK$52, dari tidak boleh kurang dari HK$1,121 menjadi tidak kurang dari HK$1,173 per bulan.

“Pemerintah juga telah meninjau tunjangan makanan sebagai pengganti makanan gratis, dan memutuskan untuk menaikkan tingkat tunjangan,” kata juru biacara tersebut.

Besaran tunjangan makan yang baru akan berlaku untuk semua kontrak PRT asing yang ditandatangani pada atau setelah 1 Oktober 2021. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×