fbpx
20.8 C
Hong Kong
28 Januari 2021

Bulgaria Berangus Yayasan Wakaf Islam

- Advertisement -

Pihak berwenang Bulgaria mengklaim sebuah kelompok Islam di tengah masyarakat Muslim di selatan Bulgaria berencana melakukan kudeta dan perubahan konstitusional.

Mengutip pernyataan kantor kejaksaan di selatan kota Pazardzhik, Sofia News Agency (7/10) mengabarkan, kelompok bernama Al Waqf al Islami Foundaton atau Yayasan Wakaf Islam itu dipimpin seorang imam dari desa Sarnitsa, Saud Muutlu.

Disebutkan, sang imam dan kelompoknya telah diikuti dan dimonitor dalam dua tahun terakhir, termasuk dengan perangkat pengawasan khusus.

Menurut Jaksa, cabang kelompok itu didirikan di Istanbul, Turki.

Organisasi tersebut dikatakan memiliki rencana untuk mengkonversi Bulgaria menjadi negara Islam. Mereka dibiayai dari Arab Saudi melalui Turki. Dana ditransfer melalui jalur ilegal.

Saud Muutlu memiliki pengikut sejumlah dosen yang masing-masing membayar EUR 300 sebulan.

Organisasi ini juga memiliki program untuk pendidikan anak perempuan dan dosen yang dibayar EUR 200 per bulan.

Yayasan memiliki sel-sel di kota selatan Blagoevgrad, kota terbesar kedua di Plovdiv dan ibukota Sofia.

Hasil penyelidikan mengatakan, organisasi tersebut merupakan ”ancaman terhadap keamanan nasional Bulgaria”.

Al Waqf al Islami Foundation didirikan di kota Eindhoven, Belanda, dan diyakini dibiayai oleh kaum Muslim dari Arab Saudi.

Kantor pusatnya ditutup setelah 11 September 2001, ketika pemerintah Belanda menyatakan ada hubungan antara Yayasan dan para pelaku serangan.

Pihak berwenang Bulgaria mengumumkan operasi skala besar hari Rabu di Bulgaria selatan yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Bulgaria untuk Keamanan Negara (DANS), polisi anti-mafia, dan Kantor Kejaksaan.

Kepala Jaksa Bulgaria, Boris Velchev, menginformasikan, operasi khusus itu bertujuan menghentikan ”kegiatan ilegal” Yayasan Wakaf Islam. ”Operasi gabungan” itu merazia beberapa rumah di kota Velingrad.

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Berikan Layanan Medis dan Distribusikan Logistik di Lokasi Banjir Kalsel

Tiga operasi lain berlangsung di wilayah Smolyan, tetapi Wakil Jaksa Daerah menolak rincian informasina, hanya menegaskan operasi bertujuan mencari orang yang terkait Yayasan Islam.

BACA JUGA:  DMC Dompet Dhuafa Berikan Bantuan Psikologi Kebencanaan di Lokasi Gempa Sulbar

Yayasan Wakaf Islam setidaknya memiliki delapan alamat. Ketua Dewan Pembina Masjid lokal, Ashim Assan, mengatakan, cabang Yayasan tersebar di Bulgaria selatan. Menurut Assan, Yayasan itu berafiliasi dengan Al-Quidah dan beroperasi di Bulgaria sejak tahun 1997. (Mel/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

DDHK.ORG -- Majelis Pengajian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Al-Falah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Rabu (27/01/2021) menyerahkan donasi kemanusiaan kepada Dompet Dhuafa...
5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

DDHK.ORG -- Singkong sering dicap sebagai makanan 'ndeso' karena umum digunakan masyarakat pedesaan sebagai makanan pokok dan kudapan. Di berbagai restoran China dan Thailand...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,371FansSuka
483PengikutMengikuti
232PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×