fbpx
18.5 C
Hong Kong
26 Januari 2021

Al-Shabab Somalia Larang Pria-Wanita Bersalaman

- Advertisement -

DDHK News — Kelompok Al-Shabab Somalia melarang kaum pria dan wanita bukan muhrim bersalaman, ngobrol, atau berjalan bersama di depan umum. Mereka yang melanggar aturan itu bisa dipenjara, dicambuk, atau bahkan dieksekusi.

Kelompok yang tengah berjuang merebut kekuasaan di Somalia itu juga telah melarang kaum wanita bekerja di depan umum, termasuk menjual teh atau sayuran di pasar.

“Ini adalah aturan mengerikan. Saya merasa seperti berada dalam tahanan… Saya sudah mulai mengabaikan salam dari perempuan untuk menghindari hukuman,” kata Hussein Ali, warga kota Jowhar, Somalia selatan.

Dekrit serupa diberlakukan di kota Elasha.

Kelompok bersenjata mencari bus guna merazia wanita berpakaian tidak benar atau bepergian sendirian. Seorang mahasiswa, Hamdi Osman, di Elasha, mengaku pernah dipukuli karena mengenakan pakaian tradisional Somalia, bukan jubah panjang hitam tak berbentuk yang lebih disukai oleh kelompok Sl-Shabab.

Desakan kelompok Islamis agar perempuan mengenakan jubah panjang memaksa banyak perempuan tinggal di rumah karena tidak mampu membeli pakaian baru.

Al-Shabab menguasai sebagian besar Somalia selatan dan tengah. Mereka terus mencoba untuk menggulingkan pemerintah yang didukung PBB.

Analis percaya, banyak warga Somalia tidak mendukung Al-Shabab karena kerap memberikan hukuman yang keras, berbagai pembatasan, dan sering menculik anak-anak untuk digunakan sebagai pejuang.

Di Jowhar, Al-Shabab mewajibkan kaum pria memelihara janggut, mencukur kumis, serta melarang hiburan (bioskop, musik).

“Terakhir kali saya mendengarkan lagu atau musik, dua tahun yang lalu, sebelum mereka menguasa desa saya,” kata Bile Hassan.  (Mel/ CTVNews).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya? TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz saya ingin bertanya. Apa yang sebaiknya aku lakukan sebagai istri sekaligus anak? Ibu...
Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, keponakanku kan minta tolong dipinjami uang. Lalu, aku pinjemi. Saat waktunya bayar, dia selalu cari-cari alasan dan tidak...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,367FansSuka
483PengikutMengikuti
229PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×