fbpx
18.2 C
Hong Kong
26 Januari 2021

Afghanistan Buat Al-Quran Terbesar di Dunia

- Advertisement -

Tim kaligrafi asal Afghanistan membuat Al-Quran terbesar dunia. Butuh lima tahun bagi tim untuk menyelesaikan mushaf Al-Quran tersebut.

Kesuksesan itu merupakan pelipur lara masyarakat Afghanistan yang terjebak dalam peperangan selama 30 tahun. Kesuksesan itu juga menunjukan kepada dunia bahwa masyarakat Afghanistan siap bangkit membangun kembali negaranya.

Al-Quran berukuran 2,28 meter (90 inci) x 1,55 meter (61 inci) telah disertifikasi oleh kementerian Agama dan Haji Afghanistan sebagai yang terbesar di dunia. Sebelumnya, Al-Quran terbesar dunia dimiliki oleh Rusia. Ukurannya 2 meter x 1,5 meter.

Al-Quran yang memiliki 500 kg (1.100 lb) ini memiliki jumlah halaman sebanyak 218 lembar. Sampulnya terbuat dari kulit kambing. Untuk membuat Al-Quran ini, tim membutuhkan dana setengah juta dollar.

Pemimpin proyek, Mohammad Sabir Khedri, mengatakan tim yang dipimpinnya menginginkan Al-Quran menggunakan banyak warna sehingga membuat kesan cantik dan suci. Ia mengaku mengalami kesulitan untuk menyembunyikan proyek itu selama lebih dari dua tahun.

“Insya Allah, Al-Quran ini akan dipamerkan tahun ini,” kata dia seperti dikutip Reuters, Selasa (17/1).

Nantinya, Al-Quran ini akan diletakan di Pusat Kebudayaan Afghanistan di Kabul. Pusat kebudayaan yang dibangun tahun 1980-an sebelum hancur selama masa pendudukan Uni Soviet dan rezim Taliban. Namun, pusat kebudayaan ini akhirnya dibangun kembali pada tahun 2001.

“Pusat kebudayaan bangga menjadi pihak yang berkesempatan untuk menyimpan karya seorang seniman Afghanistan yang berbakat,” kata Kepala Pusat Kebudayaan, Farkhunda Zahra Nader.

Naderi mengatakan menulis mushaf Al-Quran merupakan hal yang istimewa. Sebab, banyak Muslim yang belum memiliki kesempatan untuk menulis mushaf Al-Quran. (Daily Mail/Reuters/Republika).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya? TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz saya ingin bertanya. Apa yang sebaiknya aku lakukan sebagai istri sekaligus anak? Ibu...
Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, keponakanku kan minta tolong dipinjami uang. Lalu, aku pinjemi. Saat waktunya bayar, dia selalu cari-cari alasan dan tidak...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,365FansSuka
483PengikutMengikuti
229PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×