2020 Tahun Krisis, DDHK Kumpulkan Donasi Hingga HK$1,5 Juta

DDHK.ORG — Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Kamis (7/1/2021), mempublikasikan laporan kegiatan dakwah dan sosial kemanusiaan sepanjang bulan Desember 2020. Termasuk, laporan penerimaan donasi dari masyarakat dan penyalurannya dalam bentuk program bantuan dan santunan, serta pelaksanaan berbagai kegiatan.

DDHK melaporkan, menerima pembayaran zakat sebesar HK$9,906 sepanjang Desember 2020. DDHK juga menerima titipan dana wakaf dari masyarakat sebesar HK$10,526.

DDHK juga mengumpulkan dana infak sebesar HK$29,016 dan dana kemanusiaan HK$100 sehingga menjadikan total penerimaan donasi pada bulan Desember menjadi sebesar HK$49,548. Penerimaan dana donasi Desember menggenapi akumulasi penerimaan sepanjang tahun 2020 menjadi lebih dari HK$1,5 juta. Tepatnya, mencapai HK$1,511,983.

“Alhamdulillah, tahun 2020 sudah kita lewati. Tidak mudah kita melalui masa 2020, yang merupakan masa krisis. Namun alhamdulillah, Allah memberikan kita kekuatan untuk terus bertahan dan berusaha melakukan aktivitas yang kita bisa. Terlampir, laporan aktivitas DDHK pada bulan Desember 2020,” kata General Manager DDHK, M. Imam Baihaqi.

Di bidang media, DDHK mempublikasikan berita dan informasi seputar wabah Covid-19, kegiatan dakwah, aktivitas lembaga, dan informasi terkini di Indonesia, Hong Kong, dan Macau. Sebanyak 39 berita dan artikel dipublikasikan melalui website ddhk.org. Sedangkan di media sosial, DDHK melakukan 114 postingan Facebook page, 64 postingan di Instagram, dan 14 video di Youtube channel.

Laporan Kegiatan

Sepanjang Desember 2020 DDHK memberikan layanan shelter kepada lima pekerja migran Indonesia yang membutuhkan tempat tinggal sementara. DDHK juga melanyalurkan bantuan dan santunan ke lima wilayah di Indonesia. Yakni, ke Kediri, Banyuwangi, Karanganyar, Cilacap, dan Malang.

Pada periode ini juga dilakukan penyerahan bantuan untuk pembelian mobil ambulans untuk Jawa Tengah senilai HK$17,500. Juga, penyerahan sertifikat LPTQ untuk beberapa majelis taklim mitra dakwah.

Di bidang pendidikan, pada bulan Desember 2020 DDHK menyelenggarakan berbagai pelatihan dan pelaksanaan kelas. Yakni, sekolah paket, kuliah online, dan kursus Bahasa Inggris. Di luar itu, pemberian tausiyah online harian melalui grup WhatsApp dan Facebook page, Klinik Alquran tiap Ahad pagi, Kajian Online Migran, kajian untuk ekspatriat, LPTQ, dan TPQ Anak-anak tiap Jumat dan Sabtu. DDHK juga menyediakan layanan konsultasi online lewat WhatsApp.

Di bulan Desember, DDHk membuka program baru, yakni DDHK Sport. Dimulai, dari pembentukan kelompok olahraga badminton untuk pekerja migran Indonesia di Hong Kong.

“Terima kasih atas dukungan dari para donator dan semua pihak. Jazakumullah khoiron katsiro. Semoga tahun 2021 bisa kita lalui dengan baik. Tetap semangat, serta tetap saling mendukung dan saling menguatkan,” ujar Imam Baihaqi. [DDHK News]

Exit mobile version